Kota Denpasar, Bali, indonesia

Pengertian Dan Perbedaan Bibit dan Benih – mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan Benih, begitu juga dengan bibit. Jika sering mendengar dua kata tersebut, namun tahukah sobat dua kata tersebut memiliki pengertian dan perbedaan?. Maka dari itu berikut ini saya akan soba jelaskan dari pengertian Bibi dan Benih sekaligus dengan Perbedaannya.

Pengertian Benih Dan bibit

Benih adalah cikal bakal tumbuhan berupa biji yang sengaja disiapkan untuk ditanam.
Gambar : Biji Jagung

Bibit adalah cikal bakal tumbuhan yang berupa tumbuhan muda (kecil) yang akan ditanam.
Gambar : Anak Pohon Pisang

Perbedaan Benih dan bibit

Sebenarnya inti dari perbedaan benih dan bibi ini hanya dari sifat tanaman yang tidak bisa di cangkok sehingga harus menggunakan biji. Hal ini berhubungan erat dengan pengertian Tanaman Dikotil dan Monokotil.
Baca Selengkapnya di : Pengertian Tanaman Dikotil dan Monokotil
Untuk lebih jelasnya silahkan di simak informasi berikut ini.

Dalam istilah pertanian, benih pasti berasal dari biji. Namun, Tidak semua biji (bulir) merupakan benih. Karena perkembangbiakan suatu tanaman yang berbiji belum tentu berasal dari bijinya. Misalnya biji jambu tidak menjadi benih jambu. Kebanyakan penanaman jambu menggunakan sistem stek. Contoh yang lain, pada Pohon pisang yang akan mengambil peranakanya sebagai tanaman baru bukan dari bijinya.

Contoh tanaman yang di tanam langsung dari bijinya di sebuah lahan adalah biji jagung, Kedelai dan sebagiannya (tanaman yang hanya bisa di tumbuh kan dari biji)

Sedangkan bibit tidak harus berasal dari benih. Seperti yang telah dijelaskan di atas, benih bisa berasal dari proses stek atau pencangkokan. Contohnya bibit yang tidak didapat dari benih adalah bibit pisang, bibit jeruk, dan bibit tanaman bambu. Masing-masing tanaman tersebut tidak ditanam bijinya (benihnya) melainkan tunas dan hasil stekkan nya, meskipun dapat di tanam dengan biji hanya saja memerlukan waktu yang sangat lama.

Contoh tanaman yang melalui peroses bibit kemudian menjadi tanaman adalah Pohon pisang yang selalu di ambil dari Peranakan dari induknya.

Proses penanaman tanaman ada yang melalui proses:


benih - bibit - tanaman
bibit - tanaman
benih - tanaman

benih - bibit – tanamanContoh tanaman yang ada benihnya sekaligus bibit kemudian ditanam adalah padi. Bulir padi yang dijual di toko pertanian adalah benih padi yang berupa bulir padi. Benih tersebut direndam kemudian di sebar di persemaian jadilah bibit padi (tanaman muda), setelah siap dicabut untuk kemudian ditanam lagi di sawah.

bibit – tanaman Contoh tanaman yang melalui proses bibit kemudian menjadi tanaman adalah tanaman jeruk dan tanaman pisang. Yang ditanam di lahan adalah bibitnya. Tanpa melalui proses persemaian.

benih - tanaman Contoh tanaman yang ditanam langsung benihnya di lahan pertanian atau perkebunan adalah jagung, kedelai, dan sejenisnya. Yang ditanam langsung di lahan jagung adalah benih jagung yang berupa biji. Ditanam di lahan, setelah itu semaian nya (tanaman muda) tidak perlu dipindah dan langsung dirawat di lahan pertanian hingga panen.


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Dan Perbedaan Bibit dan Benih, semoga dapat memberikan pemahaman yang lengkap dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Kunjungi kembali Pertaniandesign.blogspot.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pertanian selanjutnya.

Sumber Artikel :
http://pertaniandesign.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-dan-perbedaan-bibit-benih.html