3 Amal Yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meskipun Telah Meninggal Dunia - Di dunia kita di wajibkan mencari Amal baik tanpa meninggalkan kenikmatan atau bagian dunia, kita di dunia ibaratkan di suatu pulau terpencil di tengah laut untuk menyediakan bekal yang banyak untuk perjalanan kapal yang lebih jauh agar pada saat di perjalanan kita tidak kehabisan bekal dan menyesal. Begitulah kita sebaiknya menggambarkan dunia ini, hidup ini terbilang singkat dan sebaiknya kita mempersiapkan amal kebaikan di dunia untuk perjalanan yang lebih panjang di akhirat.

3 Amal Yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meskipun Telah Meninggal Dunia

Semua orang tahu bahwa kita mencari amal hanya di dunia dan ketika kita sudah meninggal dunia maka terputus lah semua amal. Namun, tahukah anda bahwa ada 3 Amal yang pahalanya tidak akan putus-putus meskipun meskipun kita sudah meninggal dunia?. Rasulullah Saw sudah mengajarkan dan menyampaikan berita ini kepada kita umat muslim agar pada saat di dunia kita jangan sampai lupa akan 3 Amal ini. Apa saja 3 Amal itu?, berikut penjelasan mengenai 3 Amal Yang Pahalanya Tidak Akan Putus.

3 Amal Yang Pahalanya Tidak Akan Putus

ذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)
Allah memberi ganjaran sekecil apa pun amal yang kita perbuat. Meski hanya sebesar dzarrah atau debu:
“Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar” [An Nisaa’ 40]

1. Sedekah Jariyah atau amal Jariyah

Sedekah jariyah adalah amalan yang dilakukan untuk kepentingan banyak orang seperti contohnya membangun masjid, mewakafkan tanah untuk pembangunan pesantren atau masjid, membuat jembatan penyebrangan, menulis buku islami yang bermanfaat, menggali sumur untuk kepentingan orang lain dan Agama. Inti dari sedekah jariyah atau amal jariyah adalah amalan yang dilakukan dimana amalan tersebut bermanfaat bagi orang banyak dan kita akan menerima pahala atas amal jariyah yang kita lakukan selama amal kita masih bermanfaat bagi banyak orang meski kita sudah meninggal. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa amal ini hanya bisa di lakukan oleh golongan kaya, namun ternyata glongan menengah ke bawah juga bisa, selama kita ada niat dan mau berusaha bahkan dengan tenaga kita unutk membangun masjidpun itu sudah menjadi amal Jariyah.

Adapun keutamaan membangun masjid adalah akan dibangunkan rumah di surga. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Barang siapa yang membangun suatu masjid, ikhlas karena mengharap wajah / keridhoan Allah ta’ala, maka Allah ta’ala akan membangunkan rumah yang semisal di dalam surga.” (Muttafaqun’alaihi)

Baca juga :  Keutamaan dan Manfaat Membangun Masjid

2. Ilmu Yang Bermanfaat

Yang ke dua adalah ilmu yang bermanfaat, Ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain , selama orang yang kita ajari ilmunya menggunakan atau bahkan menyebarkan ilmu yang kira berikan maka kita akan memperoleh pahala yang akan terus mengalir . Contoh : mengajar ngaji  TPQ, mengajarkan ilmu agama , membuat buku atau website / blog agama ,selama kita mengajarkan kebaikan kepada orang lain dan hanya berharap ridho Allah (Tidak Menyombongkan Diri) . (Bayangkan saja jika kita membuat 1 buku yang membaca dan mengamalkan ada 1 juta orang , atau kita menulis di blog dan ada 1 juta yang mengamalkan ilmu yang kita sampaikan. Berapa banyak pahala yang kita dapatkan dari Allah SWT meskipun kita telah tiada). Selama ilmu itu terus di ajarkan dan bermanfaat bagi kebaikan maka pahalanya terus mengalir meskipun kita sudah meninggalkan dunia.

3. Doa Anak yang Sholeh

Yang ketiga adalah doa dari anak yang sholeh, maka pahalanya dan doanya akan sampai pada Orang tua nya kepadanya meskipun orang tuanya sudah meninggal dunia bahkan di dunia sekalipun. Sebagai anak maka sudah sepantasnya kita selalu mendoakan kedua orang tua kita. Baik orang tua kita sudah meninggal atau pun masih hidup. Ingatlah betapa perjuangan orang tua untuk kehidupan kita khususnya perjuangan Ibu yang kita sayangi. Doakan orang tua kita karena doa anak sholeh akan selalu mengalir meskipun orang tua kita sudah meninggal. Karena anak yang shaleh itu adalah hasil didikan orang tua yang dengan sabar membimbing agar selalu dijalan Allah SWT. Selain itu anak adalah amanah dari Allah SWT kepada setiap orang tua di muka bumi ini. orang tua perlu mendidik nya sehingga kelak anak yang dididik bisa menjadi anak shaleh yang selalu mendoakan kedua ibu dan bapaknya dimana amalannya akan selalu mengalir untuk orang tuanya. Bacakan ayat kursi al-Quran kepada Orang tua kita, Bersedekah untuk orang tua kita dan Beristigfar , meminta ampunan untuk orang tua kita.

Demikianlah informasi mengenai 3 Amal Yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meskipun Telah Meninggal Dunia, dengan begini kita jangan sampai melupakan amalan-amalan luar biasa ini dan berusaha mengerjakannya, semoga kita mendapatkan keutamaan dari ke tiga amal tersebut. Aamiin........ 

Sumber artikel : 
http://www.islamdesign.web.id/2016/10/3-amal-yang-pahalanya-tidak-akan-putus.html
- http://www.islamdesign.web.id/